Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Kamis, 29 Feb 2024, 18:36:40 WIB, 214 View Administrator, Kategori : UPTD BPSMB

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pengumpulan sampel biji kopi dan kakao di Kabupaten Mamasa, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu pada 22 s.d. 28 Februari 2024.

Kepala UPTD BPSMB, Adnan Rasjid, mengatakan bahwa pengambilan sampel ini bertujuan untuk menguji kadar air dan visual biji kopi dan kakao. “Kadar air yang rendah dan visual yang baik menunjukkan kualitas dan daya tahan biji kopi dan kakao yang tinggi. Ini penting untuk mengetahui apakah produk biji kopi dan kakao di Sulbar memenuhi standar ekspor,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai, menekankan bahwa Sulbar memiliki potensi kopi dan kakao yang besar. “Sulbar memiliki potensi kopi dan kakao yang cukup besar, jadi kita mau memastikan dari segi kualitas apakah produk biji kopi dan kakao kita layak ekspor atau tidak? Hasil pengujian sampel ini nantinya akan kami gunakan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan,” katanya.

Hal ini dibernarkna oleh Kabid Perdagangan, Muhammad Najib Ali yang mengatakan bahwa Sulbar memiliki potensi ekspor kopi dan kakao yang besar namun belum optimal. "Kita punya kopi dan kakao yang bagus, sudah ada yang ekspor tapi masih sedikit dibandingkan dengan ekspor CPO. Kita berharap kedepannya ada pertumbuhan nilai ekspor biji kakao dan kopi di Sulbar." ujar Muhammad Najib Ali.

Selain Kabupaten Mamasa, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu, pengumpulan sampel biji kopi dan kakao ini juga akan dilaksanakan di Kabupaten Polewali Mandar. Biji kopi dan kakao yang menjadi sampel dibeli dari pedagang besar biji kopi dan kakao yang ada di kabupaten masing-masing.

 



Dinas Koperindag Sulbar Cek Kebersihan Toilet Pasar Luyo
Minggu, 17 Mar 2024, 05:14:46 WIB, Dibaca : 159 Kali
Ketua Dekranasda Sulbar Lantik Ketua Dekranasda Kabupaten Mamasa dan Polman
Jumat, 08 Mar 2024, 19:13:50 WIB, Dibaca : 207 Kali
Tingkatkan Pelayanan, Bidang Perdagangan Rehab Kantor dan Buat Ruang Rapat
Kamis, 29 Feb 2024, 18:35:41 WIB, Dibaca : 149 Kali

Tuliskan Komentar