Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Kamis, 29 Feb 2024, 18:45:21 WIB, 227 View Administrator, Kategori : UPTD BPSMB

Kejar target laboratorium uji terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tahun 2024, UPTD Balai Pengujian Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB), Dinas Koperindag Sulbar melakukan rapat tindak lanjut perbaikan dokumen akreditasi berdasarkan temuan asesor KAN, Selasa (30/1) di Kantor UPTD BPSMB, Jl. RE Martadinata, Mamuju.

Sebelumnya, UPTD BPSMB Sulbar menggelar kaji ulang manajemen sebagai tindak lanjut dari hasil asesmen awal yang telah dilakukan oleh tim asesor KAN pada bulan Desember 2023 lalu. Asesmen awal tersebut bertujuan untuk menilai kesiapan UPTD BPSMB dalam melakukan akreditasi laboratorium pengujian komoditi biji kopi dan biji kakao.

“Ini sebagai upaya perbaikan untuk mendapatkan akreditasi sebagai lab uji dari KAN. Masih ada 45 hari lagi untuk melakukan perbaikan, termasuk perbaikan dokumen. Kami akan memperbaiki semua temuan dan catatan yang diberikan oleh tim asesor KAN.” jelas Nurmilasari, Pejabat Fungsional Mutu Barang pada UPTD BPSMB.

Menurut Nurmilasari, akreditasi laboratorium uji sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas dan kompetensi UPTD BPSMB dalam memberikan layanan pengujian mutu barang kepada masyarakat. Dengan akreditasi, hasil pengujian yang dikeluarkan oleh UPTD BPSMB akan diakui secara nasional maupun internasional.

Sementara itu, Kepala UPTD BPSMB, Adnan Rasjid, mengungkapkan bahwa kendala utama yang dihadapi dalam proses akreditasi ini adalah masih kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang pernah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) terkait manajemen laboratorium dan bimtek yang sesuai dengan jenis komoditi yang diusulkan.

“Tahun 2024 ini sudah diprogramkan bimtek manajemen laboratorium dan bimtek terkait komoditi kopi dan kakao karena kita SDM nya masih kurang disitu. Kami berharap dengan adanya bimtek ini, SDM kami akan lebih siap dan mampu untuk menjalankan proses akreditasi dengan baik.” jelas Adnan.

Adnan menambahkan bahwa UPTD BPSMB memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan pengujian mutu barang kepada masyarakat. Ia berharap dengan adanya akreditasi laboratorium uji, UPTD BPSMB dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan sektor pertanian dan perdagangan di Sulawesi Barat.



Kadis Koperindag Sulbar Imbau ASN dan UMKM Ramaikan Car Free Day
Rabu, 08 Mei 2024, 08:37:35 WIB, Dibaca : 348 Kali
Bidang Perindustrian Rapat Percepatan Pendataan SIINas
Rabu, 03 Apr 2024, 20:41:47 WIB, Dibaca : 226 Kali
Rapat Pemaparan Hasil Pendataan dan Diagnosis Sentra
Rabu, 03 Apr 2024, 20:09:54 WIB, Dibaca : 171 Kali

Tuliskan Komentar