Senin, 26 Februari 2024, WIB
Breaking News

Jumat, 01 Des 2023, 16:50:03 WIB, 1896 View , Kategori : Perindustrian

Dalam rangka meningkatkan kewirausahaan masyarakat desa berbasis komoditas unggulan, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat (Dinas Dagperinkop-UKM Sulbar) menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat (Fapertahut Unsulbar).

Kerjasama tersebut dituangkan dalam perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Bau Akram Dai, SE., M.Si. selaku Kepala Dinas Dagperinkop-UKM Sulbar dan Prof. Ir. Kaimuddin, selaku Dekan Fapertahut Unsulbar pada Minggu, 26 November 2023 di Pelataran Gedung Kembar Kampus Paraparang Unsulbar.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Prof. Muhammad Abdy, Ph.D., Rektor Unsulbar dan Muh. Akbar Atjo, ST., MM., Kepala Bidang Perindustrian Dinas Dagperinkop-UKM Sulbar sebagai inovator program KKN kolaborasi kewirausahaan desa.

“Program KKN kolaborasi kewirausahaan desa ini merupakan program inovasi yang saya lakukan sesuai dengan arah Bapak Pj. Gubernur Sulawesi Barat yang mewajibkan setiap pejabat eselon III tiga membuat inovasi sesuai dengan tupoksi.” Jelas Akbar.

Kerjasama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perdagangan, perindustrian, koperasi dan UKM. Salah satu bentuk kerjasama ini adalah pelaksanaan program KKN tematik kewirausahaan desa yang akan melibatkan mahasiswa Fapertahut Unsulbar untuk membina masyarakat desa dalam mengembangkan usaha berbasis komoditi lokal khususnya Aren.

Aren merupakan salah satu komoditas unggulan daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi berbagai produk bernilai tambah, seperti gula aren, sirup aren, minyak aren, dan lain-lain. Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat desa dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pemanfaatan sumber daya lokal yang ada.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mencetak wirausaha-wirausaha baru di bidang pengolahan hasil pertanian dan kehutanan khususnya aren, yang dapat mendukung program prioritas pemerintah provinsi Sulawesi Barat, yakni 4+1, utamanya dalam mengatasi kemiskinan ekstrim.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan dalam suasana santai dan meriah, sebab bertepatan dengan peringatan dies natalis ke 15 Unsulbar. Dalam acara ini, juga dilakukan pembagian bantuan bibit aren kepada siswa-siswi SMP dan SMA yang ada di Majene, sebagai upaya untuk mengajak generasi muda untuk mencintai dan merawat tanaman aren.

Prof. Ir. Kaimuddin mengatakan, bantuan bibit aren ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi siswa yang menanamnya, khususnya pada saat kuliah nanti. “Kami berharap aren yang dibagikan ini di tanam dan dirawat dengan baik, hingga nanti waktunya tiba dapat memberikan manfaat untuk adik-adik sekalian, dan bisa meringankan biaya kuliah adik-adik nantinya.” Ujarnya.

Dalam sambutanya, Rektor Unsulbar Prof. Muhammad Abdy, Ph.D mengapresiasi inovasi dan PKS ini sebagai upaya penciptaan lapangan kerja baru di desa dan menumbuhkan jiwa enterprenur bagi mahasiswa yang terlibat dalam program KKN ini.

Sementara itu, Bau Akram Dai mengapresiasi program KKN kolaborasi kewirausahaan desa yang diinisiasi oleh Muh. Akbar Atjo Kepala Bidang Perindustrian, Ia mengatakan, program ini merupakan program yang sangat bagus dan sesuai dengan program prioritas Pemrov Sulbar. “Kita tentu berharap program ini dapat mendukung program prioritas pemerintah provinsi Sulawesi Barat, yakni 4+1, utamanya dalam mengatasi kemiskinan ekstrim. Kita berharap melalui program ini kualitas dan kuantitas produk unggulan daerah dapat lebih baik lagi serta lahir wirausaha-wirausaha baru dibidang pengolahan hasil pertanian dan kehutanan khususnya aren.” Katanya.



Dorong Wirausaha Baru Bidang Pengolahan Kopi, Dagperinkop-UKM Sulbar Laksanakan Pelatihan Barista
Selasa, 26 Des 2023, 09:16:11 WIB, Dibaca : 256 Kali
Kerjasama Dagperinkop-UKM Sulbar dengan Fapertahut Unsulbar Buat KKN Kewirausahaan Desa
Jumat, 01 Des 2023, 16:50:03 WIB, Dibaca : 1896 Kali

Tuliskan Komentar