Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Selasa, 26 Des 2023, 09:16:54 WIB, 203 View Administrator, Kategori : UPTD BPSMB

Komite Nasional Akreditasi (KAN) melakukan asesmen awal dalam rangka akreditasi laboratorium pengujian UPTD Balai Pengujian Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) untuk pengujian komoditi biji kopi dan biji kakao, 7 s.d. 8 Desember 2023 di Laboratorium UPTD BPSMB, Jalan RE. Martadinata, Simboro, Mamuju.

Kegiatan asesmen awal ini dilakakukan oleh kepala auditor dan auditor dari KAN. Hasil asesmen diketahui masih banyak SDM UPTD BPSMB yang belum mengikuti bimtek terkait manajemen laboratorium dan bimtek terkait jenis komoditi yang diusulkan. Sebagai tindak lanjut, kedua bimtek ini menurut kepala UPTD BPSMB, Adnan Rasjid, telah diprogramkan pada tahun anggaran 2024. "Ada beberapa kendala, termasuk masih kurangnya SMD yang pernah mengikuti bimtek manajemen laboratorium dan bimtek yang terkait dengan jenis komoditi kopi dan kakao, namun untuk program ini kita sudah rencanakan untuk dilaksanakan tahun 2024." Jelas Adnan.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Dagperinkop-UKM) Sulbar, Bau Akram Dai berharap laboratorium UPTD BPSMB mendapatkan akreditasi dari KAN. "Kita sama-sama berharap Lab BPSMB ini segera mendapatkan akreditasi dari KAN, sehingga kita dapat mengeluarkan sertifikat terkait pengujian komoditi kopi dan kakao untuk meningkatkan pelayanan ekspor di daerah sekaligus sebagai sumber PAD." kata Bau Akram Dai.

Sebelumnya UPTD BPSMD telah melakukan berbagai persiapan untuk mendapatkan akreditasi ini, diantaranya yaitu dengan memelihara peralatan laboratorium yang ada, membuat dokumen mutu dan dokumen teknis terkait akreditasi, serta melakukan pendaftaran online ke webseite KAN. Dari hasil asesmen awal ini selanjutnya akan dilakukan tindakan perbaikan.



Kadis Koperindag Sulbar Imbau ASN dan UMKM Ramaikan Car Free Day
Rabu, 08 Mei 2024, 08:37:35 WIB, Dibaca : 348 Kali
Kabid Perindustrian Monev Bantuan Peralatan Produksi Alas Kaki di Kalukku
Rabu, 06 Mar 2024, 08:20:47 WIB, Dibaca : 172 Kali
Kabid Perdagangan Kunjungi Pelaku Usaha Berpotensi Ekspor di Kalukku
Minggu, 03 Mar 2024, 15:11:05 WIB, Dibaca : 263 Kali

Tuliskan Komentar