Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Senin, 29 Apr 2024, 09:07:22 WIB, 159 View Administrator, Kategori : Perindustrian

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Sulawesi Barat membuka kegiatan Capacity Building Kelompok Tenun dan Desainer Lokal Sulawesi Barat Tahun 2024, Jumat, 26 April 2024 di Polewali Mandar.

Kegiatan yang dilaksanakan Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Barat dengan Dinas Koperindag Sulbar dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulbar ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Koperindag Sulbar, Andi Purnama dan Kepala Bidang Perindustrian yang juga menjabat Sekretaris Dekranasda Sulbar, Muh Faizal Thamrin.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai menyampaikan pentingnya kegiatan capacity building ini untuk mendorong peningkatan perekonomian daerah melalui industri pertenunan. “Melalui kegiatan capacity building bagi kelompok tenun dan desainer lokal di Kabupaten Polewali mandar ini kita berharap dapat membantu pengembangan industri kerajinan tenun daerah melalui peningkatan kemampuan teknis pemilihan benang, penetapan pewarnaan, serta inovasi motif dan desain tenun,” ujar Akram.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa tenun saqbe Mandar perlu inovasi karena tidak banyak berubah dari segi motif dan warna, terutama bahan yang hampir bisa dikatakan tidak mengalami perubahan. “Tenun saqbe yang kita kenal saat ini tidak banyak berubah dari tenun saqbe 10 tahun yang lalu bahkan lebih. Tidak banyak perubahan motif atau kombinasi warna yang terjadi. Bahkan bahannya masih bisa dibilang sama, sehingga perlu inovasi yang mengedepankan pasar namun tetap memperhatikan budaya-buaya lokal” tambah Akram.


 



Kadis Koperindag Sulbar Dorong UMKM Go Digital
Rabu, 08 Mei 2024, 08:39:17 WIB, Dibaca : 61 Kali
Kadis Koperindag Sulbar Buka Kegiatan Capacity Building untuk Kelompok Tenun dan Desainer Lokal
Senin, 29 Apr 2024, 09:07:22 WIB, Dibaca : 159 Kali
Kolaborasi Lintas Sektoral Dorong Sertifikasi Halal UMKM Sulbar
Kamis, 07 Mar 2024, 09:05:43 WIB, Dibaca : 158 Kali

Tuliskan Komentar