Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Kamis, 29 Feb 2024, 18:37:34 WIB, 164 View Administrator, Kategori : Koperasi dan UKM

Muhammad Hisyam Said, S.Sos, M.Si., Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), melakukan kunjungan koordinasi dan silaturahmi ke Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (PerindagkopUKM) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Jumat, 23 Februari 2024

Ini merupakan kunjungan koordinasi pertama yang dilakukan oleh Muhammad Hisyam Said, S.Sos, M.Si. sejak ia diangkat sebagai Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Koperindag Sulbar pada Januari 2024 lalu. Kunjungan ini disambut baik oleh Kepala Dinas PerindagkopUKM Polman, A. Chandra Sigit, ST. M.A.P., yang menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Dinas Koperindag Sulbar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan koperasi dan UMKM di daerah.

Dalam pertemuan tersebut, Muhammad Hisyam Said, S.Sos, M.Si. menyampaikan beberapa hal terkait dengan program kerja Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, salah satunya adalah tentang kebersihan toilet di setiap pasar, termasuk di Polman.

“Kami ingin ingin mengajak dinas kabupaten untuk sama-sama memastikan bahwa toilet di pasar-pasar di Sulbar bersih dan nyaman bagi para pedagang dan pembeli. Ini juga sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan masyarakat,” ujar Muhammad Hisyam Said, S.Sos, M.Si.

Secara terpisah, Kabid Perdagangan, Muhammad Najib Ali membenarkan bahwa meskipun urusan pasar masuk dalam urusan perdagangan, tetapi untuk menjaga kebersihan toilet pasar dibutuhkan kerjasama dari semua pihak. "Untuk urusan kebersihan toilet pasar bukan cuma urusan perdagangan saja, ini sudah menjadi urusan Dinas. Jadi kolaborasi dengan kabupaten, kolaborasi antar bidang juga penting, termasuk dengan bidang koperasi dan UKM," ujar Muhammad Najib Ali.

Sementara itu, A. Chandra Sigit, ST. M.A.P. mengapresiasi kunjungan koordinasi yang dilakukan oleh Muhammad Hisyam Said, S.Sos, M.Si. dan jajarannya. Ia berharap, ke depannya, akan ada lebih banyak kegiatan pelatihan koperasi dan UMKM yang dilaksanakan di Polman, mengingat potensi UMKM di daerah ini cukup besar.

Ia juga meminta agar Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) yang bertugas di Polman tidak hanya melapor ke dinas provinsi, tetapi juga ke dinas kabupaten.

“Diharapkan anak PPKL juga melaporkan hasil laporan bulanannya ke dinas kabupaten sekaligus melakukan pertemuan rutin bulanan dengan Bidang Koperasi dan UMKM di Kabupaten. Ini penting untuk memantau perkembangan dan permasalahan yang dihadapi oleh koperasi yang ada di Polman,” kata A. Chandra Sigit, ST. M.A.P..

Selain itu, ia juga meminta agar dilakukan kegiatan sosialisasi perpajakan bagi koperasi, agar pengurus koperasi memiliki pemahaman yang benar tentang kewajiban dan hak mereka sebagai wajib pajak.

“Kami ingin koperasi di Polman taat pajak dan mendapatkan manfaat dari fasilitas perpajakan yang diberikan oleh pemerintah. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab koperasi terhadap pembangunan daerah,” tutur A. Chandra Sigit, ST. M.A.P..



Dinas Koperindag Sulbar Cek Kebersihan Toilet Pasar Luyo
Minggu, 17 Mar 2024, 05:14:46 WIB, Dibaca : 159 Kali
Ketua Dekranasda Sulbar Lantik Ketua Dekranasda Kabupaten Mamasa dan Polman
Jumat, 08 Mar 2024, 19:13:50 WIB, Dibaca : 207 Kali
Kabid Perdagangan Koordinasi ke Bandara Tampa Padang Bahas Sandeq Mart
Kamis, 07 Mar 2024, 17:51:59 WIB, Dibaca : 154 Kali

Tuliskan Komentar