Senin, 26 Februari 2024, WIB
Breaking News

Selasa, 05 Des 2023, 13:42:44 WIB, 362 View , Kategori : Koperasi dan UKM

Fasilitasi kemitraan antara UMKM dan usaha besar, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat (Dagperinkop-UKM Sulbar) mengikuti rapat evaluasi Forum Fasilitasi Kemitraan UMKM, Selasa, 5 Desember 2023 di Ruang Rapat DPMPTSP Prov. Sulbar.

Rapat yang diikuti oleh Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Rini Lukita Sari dan Kepala Bidang Perdagangan, Muhammad Najib Ali ini selain dihadiri oleh Dinas Pariwisata Prov. Sulbar juga dihadiri oleh pelaku UMKM dan usaha besar.

Salah satu perusahaan besar yang hadir dallam kegiatan ini yaitu PT Midi Utama Indonesia Tbk. Cabang Makassar yang menaungi gerai reatail modern Alfamidi dan Alfamart. Melalui kegiatan ini Pemprov Sulbar mendorong agar semakin banyak produk lokal UMKM yang masuk ke gerai retail-retail modern, seperti Alfamidi dan Alfamart.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Rini Lukita Sari, menekankan pentingnya pendampingan berkelanjutan bagi UMKM. Inisiatif ini akan membantu UMKM yang telah sukses memasarkan produknya di beberapa tempat ternama dan membuka peluang bagi UMKM lain untuk bergabung.

Menurut Rini, dalam waktu dekat Dinas Dagperinkop-UKM Sulbar akan membahas kembali persyaratan yang diberikan oleh pihak retail modern. "Kita upayakan kembali meloby pihak retail modern untuk meringankan persyaratan bagi UMKM lokal dalam memasukkan produk mereka ke dalam jaringan retail merkea." jelas Kabid Koperasi dan UKM.

Saat ini, pembangunan komunikasi antar provinsi menjadi salah satu fokus utama. Dinas Dagperinkop-UKM Sulbar dan DMPTSP Sulbar sedang membangun komunikasi dengan UKM Provinsi Sulsel untuk kolaborasi pemasaran produk lintas provinsi. Selain itu juga akan dilakukan kurasi produk UMKM di enam kabupaten se-Sulawesi Barat. Langkah ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi UMKM lokal untuk berkembang dan berkontribusi pada perekonomian daerah.



Fasilitasi Produk Lokal UMKM Masuk Retail Modern
Selasa, 05 Des 2023, 13:42:44 WIB, Dibaca : 362 Kali
Dagperinkop-UKM Sulbar Serahkan Bantuan Sarana Perdagangan untuk Kelompok Usaha di Mamuju
Senin, 04 Des 2023, 13:16:01 WIB, Dibaca : 929 Kali
Bidang Perdagangan Jual Paket Sembako Murah
Jumat, 01 Des 2023, 17:10:04 WIB, Dibaca : 157 Kali

Tuliskan Komentar