Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Kamis, 29 Feb 2024, 18:37:22 WIB, 203 View Administrator, Kategori : UPTD BPSMB

Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengusulkan fasilitasi peralatan pengujian crude palm oil (CPO) untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) kepada Kementerian Perdagangan dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakortekrenbangnas) Tahun 2024 yang berlangsung di Surabaya pada 27 Februari 2024.

Kepala Dinas Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai, mengatakan bahwa usulan tersebut bertujuan untuk menambah layanan pengujian CPO yang merupakan salah satu komoditas unggulan daerah. “Kami membutuhkan peralatan pengujian CPO yang memenuhi standar nasional, sehingga laboratorium pengujian UPTD BPSMB dapat bersaing dengan lab-lab pengujian lainnya,” ujarnya.

Secara terpisah Kabid Perdagangan, Muhammad Najib Ali mengatakan bahwa CPO yang adalah komoditi lemak dan minyak hewani/nabati merupakan komoditi ekspor terbesar di Sulbar. "CPO yang merupakan komoditi lemak nabati, tahun 2022 mencapai 90,62% dari total nilai ekspor Sular. Dengan kata lain, ini adalah potensi besar untuk kemudian dikembangkan lab pengujiannya," jelas Muhammad Najib Ali.

Ia menambahkan bahwa usulan fasilitasi peralatan pengujian CPO ini diterima dengan catatan. “Usulan fasilitasi pengujian CPO yang diusulkan di desk kewilayahan ini disetujui namun dengan catatan. Jadi kami harus melengkapi lagi dokumen-dokumen pendukung dan persyaratan lainnya,” jelas Bau Akram Dai.

Selain itu, Bau Akram Dai juga menyampaikan bahwa dalam Rakortekrenbangnas, pihaknya juga mengikuti desk urusan koperasi dan UKM, perindustrian dan perdagangan, yang membahas sinkronisasi kegiatan antara pusat dan daerah serta pembahasan realisasi indikator outcome prioritas tahun 2023 dan target indikator outcome prioritas tahun 2025. “Kami berharap ada sinergi dan dukungan dari pemerintah pusat untuk mengembangkan sektor koperasi dan UKM, perindustrian dan perdagangan di Sulbar, yang merupakan salah satu pilar pembangunan ekonomi daerah,” tuturnya.

Rakortekrenbangnas Tahun 2024 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, swasta, maupun masyarakat sipil. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan perencanaan pembangunan nasional dengan perencanaan pembangunan daerah, serta untuk mengidentifikasi isu-isu strategis dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan nasional.



Bidang Perindustrian Rapat Percepatan Pendataan SIINas
Rabu, 03 Apr 2024, 20:41:47 WIB, Dibaca : 227 Kali
Rapat Pemaparan Hasil Pendataan dan Diagnosis Sentra
Rabu, 03 Apr 2024, 20:09:54 WIB, Dibaca : 172 Kali
Kabid Perdagangan Koordinasi ke Bandara Tampa Padang Bahas Sandeq Mart
Kamis, 07 Mar 2024, 17:51:59 WIB, Dibaca : 155 Kali

Tuliskan Komentar