Sabtu, 27 Juli 2024, WIB
Breaking News

Jumat, 17 Mei 2024, 09:23:32 WIB, 255 View Administrator, Kategori : Perindustrian

Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulbar pamerkan kerajinan tenun hingga miniatur perahu sandeq pada kegiatan Dekranas Expo 2024 di Pamedan Mangkunegaran, Solo, 15 s.d. 18 Mei 2024.

Pada pameran kerajinan yang merupakan rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas ke-44 ini, Dekranasda Sulbar menampilkan tenun 3S khas Sulbar, yaitu tenun saqbe mandar, tenun sekomandi, dan tenun sambu Mamasa.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperindag Sulbar, Muh Faizal Thamrin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dekranasda Sulbar yang menjadi koordinator Dekranasda Sulbar pada kegiatan ini menyebutkan selain tenun, Dekranasda Sulbar juga menampilkan beberapa kerajinan dari Sulbar, seperti kerajinan tas dari tenun saqbe mandar, tenun sekomandi, dan tenun sambuq. Selain itu ditampilkan juga miniatur perahu sandeq khas Sulbar. “Bukan hanya tenun 3S, pada pameran ini kami juga menampilkan kerajinan lain seperti tas dari tenun 3S dan miniatur perahu sandeq.” ujar Faizal di sela-sela pameran.

Kepala Dinas Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Dekranasda Sulbar menyubutkan bahwa produk-produk yang ditampilkan di stand pemeran Sulbar merupakan produk-produk unggulan Sulbar dan tidak kalah bersaing dengan kualitas produk dari daerah lain. “Produk-produk yang kami tampilkan di pameran ini terutama tenun merupakan produk-produk unggulan Sulbar yang kualitasnya tidak kalah dari tenunan daerah lain.” ujar Bau Akram.
Bau Akram menambahkan bahwa tenun sekomandi merupakan salah satu tenun tertua di dunia. “Tenun sekomandi ini salah satu tenun tertua di dunia. Kualitasnya tidak kalah dengan tenun ikat dari daerah lain.” tambah Akram.



Koperindag Sulbar Kawal Kunjungan Pj. Gubernur, Perkuat Sektor Industri dan Perdagangan di Polman
Sabtu, 20 Jul 2024, 15:41:53 WIB, Dibaca : 138 Kali
Pj Bahtiar ke Pasar Sentral Polman, Pedagang, \"Bagus begini, pejabat bicara langsung ke pedagang\"
Sabtu, 20 Jul 2024, 07:54:52 WIB, Dibaca : 131 Kali
Serius Industrikan Pisang Kepo di Sulbar, Pj Bahtiar Boyong OPD nya Studi Lapang Pisang di Tanralili
Senin, 08 Jul 2024, 17:38:02 WIB, Dibaca : 859 Kali

Tuliskan Komentar