Senin, 26 Februari 2024, WIB
Breaking News

Selasa, 30 Jan 2024, 00:05:50 WIB, 457 View Administrator, Kategori : Perindustrian

Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Barat (Koperindag Sulbar) menggelar pelatihan pengolahan aren bagi masyarakat Desa Alu, Kecamatan Allu, Kabupaten Polewali Mandar, pada Selasa (28/1/2024).

Pelatihan ini merupakan bagian dari program KKN Tematik Kewirausahaan Desa yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) bekerja sama dengan Dinas Koperindag Sulbar.

Penyuluh Perindag Sulbar, Muh Aswad yang hadir dalam kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat Desa Alu dalam mengolah aren menjadi produk bernilai ekonomis lebih, seperti gula semut, gula cair, dan kolang kaling.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, masyarakat Desa Alu dapat memanfaatkan potensi aren yang ada di desa, bukan hanya membuat gula batu seperti sekarang, tapi juga gula semut dan gula cair dengan berbagai varian rasa, bahkan mengolah kolang-kaling,” ujar Aswad.

Kegiatan pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kepala Desa Alu, Jelisman, para kepala dusun, tokoh masyarakat, mahasiswa,  serta pelaku industri pembuatan gula aren dan petani aren dari Desa Alu.

Peserta pelatihan mendapatkan materi tentang cara membuat gula semut, gula cair, dan kolang kaling dari aren, mulai dari memilih bibit yang baik, waktu penyadapan, metode pembuatan gula, hingga pengemasan.

Materi pelatihan disampaikan oleh praktisi gula aren Sulbar, H. Rusni Hasri, yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang ini.

“Kami berbagi ilmu dan pengalaman kepada peserta pelatihan tentang cara mengolah aren menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Serta mengajarkan bagaimana cara membuat gula dengan berbagai varian rasa,” kata Rusni.

Dalam materinya Rusni menegaskan bahwa orang yang tahu dan mengerti aren itu berbeda. Orang yang mengerti aren paham akan manfaat pohon aren dan tidak akan menebang pohon aren tetapi justru malah akan menanamnya.

“Orang yang tahu aren itu tahu cara menyadap dan mengolah nira aren menjadi gula tetapi tidak pernah menanam aren, sedangkan orang yang mengerti aren akan menanam aren karena manfaatnya yang banyak.” Kata Rusni.



Dinas Koperindag Sulbar Latih Masyarakat Alu Buat Gula Semut dan Kolang-kaling
Selasa, 30 Jan 2024, 00:05:50 WIB, Dibaca : 457 Kali
Dorong Wirausaha Baru Bidang Pengolahan Kopi, Dagperinkop-UKM Sulbar Laksanakan Pelatihan Barista
Selasa, 26 Des 2023, 09:16:11 WIB, Dibaca : 256 Kali

Tuliskan Komentar